Tanya Jawab

metodetanyajawab
1. Pengertian dan tujuan
Metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam proses belajar mengajar melalui interaksi dua arah atau “two way traffic” dari pendidik bertanya kepada peserta didik atau sebaliknya peserta didik bertanya pada pendidik agar diperoleh jawaban kepastian materi melalui jawaban lisan pendidik atau peserta didik.
Dalam metode tanya jawab, pendidik dan peserta didik sama-sama aktif. Namun demikian keaktifan peserta didik patut mendapat perhatian yang sungguh-sungguh sehingga hal itu tidak harus banyak bergantung pada keaktifan pendidik. Karena itu, pendidik tidak hanya dituntut untuk menguasai tehnik-tehnik bertanya dan jenis-jenis pertanyaan, tetapi juga semangat tinggi di dalam membangun situasi yang kondusif bagi terjadinya diskusi.

Adapun tujuan dari metode tanya jawab ini, adalah :
a. Mengecek dan mengetahui sampai sejauhmana kemampuan peserta didik terhadap pelajaran yang dikuasainya.
b. Memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan untuk mengajukan pertanyaan kepada pendidik tentang suatu masalah yang belum dipahami.
c. Memotivasi dan menimbulkan kompetisi belajar yaitu peserta didik yang aktif dan tepat menjawab lebih percaya diri dan berusaha untuk selalu lebih baik dan peserta didik yang belum aktif atau tidak dapat menjawab dapat mempersiapkan diri dalam kesempatan lain.
d. Melatih peserta didik untuk berfikir dan berbicara secara sistematis dan sistemik serta berdasarkan pemikiran yang orisinil.
e. Metode tanya jawab tidak dimaksudkan untuk mengetes kemampuan peserta didik tapi diarahkan sebagai upaya guru membuat peserta didik mengerti, memahami dan berinteraksi aktif dalam KBM sehingga tujuan dapat dicapai baik.2. Alasan penggunaan
Alasan pendidik menggunakkan metode ini adalah untuk :
a. Menimbulkan rasa ingin tahu peserta didik terhadap permasalahan yang sedang dibicarakan sehingga menimbulkan partisipasi peserta didik dalam KBM.
b. Menimbulkan berfikir reflektif, sistemis, kreatif dan kritis pada peserta didik.
c. Mewujudkan cara belajar peserta didik aktif.
d. Melatih dan mendorong peserta didik untuk belaar mengekspresikan kemampuan lisannya.
e. Memberikan kesempatan kepada peserta didik menggunakkan kemampuan sebelumnya.
3. Kelebihan dan kelemahan Metode Tanya Jawab
a. Kelebihan metode tanya jawab
Metode tanya jawab memiliki kekuatan sebagai berikut :
1. Dapat menarik dan memusatkan perhatian peserta didik terhadap pelajaran.
2. Mengetahui kedudukan peserta didik dalam belajar di kelas dari aktivitas tanya jawab dan dari jawaban-jawaban serta tanggapan-tanggapan yang dilontarkan secara kontinyu.
3. Lebih merangsang peserta didik untuk mendayagunakan daya pikir dan daya nalarnya.
4. Menumbuhkan keberanian dalam mengemukakan jawaban
5. Pembuka jalan bagi proses belajar yang lain.
b. Kelemahan metode tanya jawab
Kelemahan-kelemahan dari metode tanya jawab ini adalah :
1. Pada kelas besar pertanyaan tidak dapat disebarkan kepad seluruh peserta didik, sehingga peserta didik tidak memiliki kesempatan yang sama untuk menjawab atau bertanya.
2. Peserta didik yang tidak aktif tidak memperhatikan bahkan tidak terlibat secara mental.
3. Menimbulkan rasa gugup pada peserta didik yang tidak memiliki keberanian menjawab dan bertanya (kemampuan lisan).
4. Dapat membuang waktu bila peserta didik tidak responsif terhadap pertanyaan.
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s